Langsung ke konten utama

Mobil Juga Ibarat Manusia

Tidak salah bila ada yang bilang mobil itu ibarat manusia juga, memiliki umur dan penyakit dan kecocokan, tanpa terkecuali pemilik kendaraan pun tidak akan pernah lepas dari kondisi ini.

Berikut Pemaparan Riwayat Usia Mobil  :

Usia Mobil 0 - 5 Tahun
Pada usia ini boleh dibilang masa yang paling enak, karena kondisi mobil semuanya baik eksterior, interior dan mesin masih dalam kondisi yang sangat baik. Pada masa ini tugas pemilik hanya berkewajiban sebatas perawatan berkala, ganti oli, ganti filter oli dan udara. Tidak ada penyakit aneh pada usia ini, makanya tidak heran memiliki mobil di usia balita sangat nyaman.

Usia Mobil  5 - 10 Tahun
Pada usia tanggung ini, biasanya mobil sudah mulai nampak muncul penyakitnya, misalnya eksterior sudah banyak tergores, interior sudah haus, jok kursi busanya sudah mulai kempes, dashboard sudah mulai kusam, pintu sudah mulai timbul bunyi2, mesin juga sudah mulai sulit di starter. AC mobil sudah mulai bermasalah kurang dingin dan berbau tidak sedap.

Usia Mobil 10 - 15 Tahun

Usia ini adalah usia yang boleh dibilang lumayan berumur, pada usia ini sudah mulai banyak keluhan, selain eksterior dan interior sudah mengalami kehausan, mesin juga sudah mulai menampakan kebocoran, oli menetes dimana2 dan perlu di overhaul atau turun mesin. Timbul juga masalah kelistrikan, masalah temperatur mesin, masalah panel meter yang sudah mulai ngaco bacanya, mulai dari speedometer yang geol-geol, Meter RPM yang sudah mati total, atau dirubah warna sama pemiliknya.

Usia Mobil 15 - 20 Tahun
Bila tidak cukup beruntung, rentang usia ini sangat banyak sekali penyakitnya, mulai dari karet pintu yang sudah getas, lis-lis kaca sudah retak2, power window atau engkol sudah sering macet dan bermasalah. Kaca2 lampu mika sering didapati pada pecah atau retak2. Tenaga mesin sudah jauh berkurang, pemakaian BBM yang sangat boros, getaran mesin yang sudah terlalu parah, mobil sulit diajak nanjak, masalah pada kaki-kaki, masalah pada sistem rem dan kemudi.

Usia Mobil  diatas 20 Tahun

Ibarat manula, pada usia ini mobil sudah masuk dalam tahap penyakit kronis, karena seluruh interior, eksterior dan mesin mengalami kehausan dan keletihan yang sudah sangat parah. Pada usia ini mobil akan memerlukan 'peremajaan' kembali, biasanya pada usia ini mobil sudah mengalami cat ulang, turun mesin, sistem suspensi dan kemudi sudah harus diganti begitupun juga sistem rem. Jarang sekali didapati mobil dalam usia ini dalam kondisi yang 100% orisinil.

Gambaran diatas tidak berlaku mutlak karena kondisi mobil dan usia tergantung dari perlakuan pemilik/pemakai dan perawatan berkala pemilik sebelumnya.

Sesuatu yang pasti bahwa diatas dunia ini tidak ada yang abadi

Sumber : http://starlet2e.blogspot.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mesin Avanza tidak bisa hidup sehabis bongkar Mesin

Ilmu itu sayang jika hanya disimpan maka pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang kasus Mesin avanza dan yang sejenis tidak bisa hidup setelah bongkar mesin atau setelah ganti rantai timing (timing chain)..Dan disini saya tidak bermaksud menggurui atau merasa lebih pintar dari agan-agan sekalian hanya berharap semoga ada yang bisa mengambil manfaat terutama bagi mekanik-mekanik pemula.

Kasus ini sudah beberapa kali saya dapatkan setelah beberapa rekan-rekan mekanik meminta pertolongan untuk mencari titik permasalahan kenapa mesin tidak bisa hidup.
Seperti biasa sebelum kita melangkah ke step yang lebih jauh, sebaiknya kita harus mengembalikan pola analisa kita kedasar, dimana kita harus memulai dari langkah-langkah yang paling sederhana yaitu bahwa mesin akan bekerja apabila terpenuhinya tiga syarat utama berikut ini :
Kompresi yang tinggi (sesuai standar)Loncatan bunga api Busi yang kuat (Mesin Bensin)Perbandingan campuran Udara dan bahan bakar yang tepat Dalam masalah yang akan…

Injector dan Busi

Teknologi otomotif sudah demikian majunya, sehingga semakin sedikit pekerjaan dalam rangka perawatan. Tune up mesin yang dulu dilaksanakan pada mesin berkarburator, sekarang tak perlu lagi. Paling hanya bersih-bersih; saringan bensin, injektor, busi saringan udara. Saya menerima banyak keluhan yang akhir akhir ini masuk kebengkel adalah menyangkut mesin ndut-ndutan. Ternyata penyebab umumnya karena, pemakaian bahan bakar yang kualitasnya rendah.
Ketahuilah, bahwa pada awal mesin injeksi,  menggunakan injektor dengan 2 lubang untuk penyemprotan ke manifold, lalu menjadi 4 lubang dan sekarang menjadi 12 lubang sangat kecil, lebih kecil dari ujung jarum. Kalau kita bayangkan spuyer pada karburator yang diameter antara 1.0 mm pada primer main jet dan  1.80 mm pada scondary main jet kemudian dibagi 12 seperti apa ukuran besar diameternya.

Tikam Samurai (40)

Kapten Nurdin telah menembaknya sesaat sebelum Letnan itu menembakkan pistolnya pada si Bungsu yang memangku Kopral Aman. Dia bergegas. Dan mereka melompat ke atas Jeep. Jumlah mereka lengkap tujuh orang. Dan kini delapan dengan Tuang. Jeep itu batuk-batuk sebentar. Dia starter lagi dengan mempertemukan kawatnya. Dan Hidup! Jeep itu seperti melompat. Keluar dari halaman markas. Dari jauh terdengar suara deru mobil datang. “Ke kanan!” Kapten Nurdin berteriak. Mobil itu berbelok ke kanan. Lampu truk militer kelihatan datang dari arah kiri. Jeep mereka rasanya ada yang tak beres. Berjalan lambat. Sersan Kadir melompat turun. “Kadir! Naik cepat!” Kapten Nurdin berteriak. “Saya akan menghalangi mereka pak. Teruslah bapak!” Dia berkata sambil berlari lagi ke halaman markas. Tak ada kesempatan bagi Kapten Nurdin untuk berlalai-lalai. Dia menyuruh Jeep itu terus. Sementara Sersan Kadir segera menaiki Jeep yalng telah dikempeskan itu. Dia merenggutkan kabel kontak. Melekatkannya diluar dengan ketena…